Rabu, 16 September 2015

Tugas_1 Periklanan


·         Pengertian Periklanan
Periklanan adalah suatu bentuk komunikasi dengan tujuan mengajak orang melihat, membaca atau mendengarnya melakukan sesuatu.
·         Sejarah Periklanan
Munculnya iklan sebenarnya sudah lama dilakukan manusia, bahkan sejak jaman Neolitikum (kira-kira 5000 tahun sebelum Masehi). Karena pada prinsipnya iklan adalah sebuah upaya penyampaian pesan dari komunikator ke komunikan dan aktivitas ini dapat dikatakan sama dengan kegiatan komunikasi.
Kegiatan periklanan telah dikenal pada peradaban manusia sebelum 1450 dalam bentuk “pesan berantai” melalui komunikasi lisan. Komunikasi Lisan adalah penyampaian pesan dari komunikator ke komunikan dalam bentuk personal yang dilakukan secara tatap muka melalui mulut ke mulut. Pesan berantai itu disampaikan untuk membantu kepentingan lancarnya jual beli dalam masyarakat, karna waktu itu mayoritas masih belum mengenal huruf, dan bahkan bahasa yang disampaikan masih sangat tidak terstruktur dengan baik dan efektif. Bahkan karena belum banyak terjadi kesepakatan dalam melambangkan sebuah konsep dan ide dalam sebentuk kata-kata, pada akhirnya pesan disampaiakan dengan bantuan bentuk komunikasi nonverbal visual melalui gerak tubuh. Dalam dunia pemasaran modern kegiatan pesan berantai itu disebut dengan istilah word of mouth.
Perkembangan peradaban yang lebih maju yaitu peradaban lisan, manusia mulai menggunakan sarana tulisan sebagai alat penyampaian pesan. Sehingga pesan iklan sudah dapat dibaca berulang-ulang dan dapat disimpan. Pada masa Yunani dan Romawi, ketika itu iklan mulai digunakan dalam bentuk perkamen (lembaran tulisan dari kulit kayu) untuk kepentingan pemerintahan dan perdagangan. Pemilik usaha menggunakan pahatan di dinding-dinding kota untuk memberitahu orang banyak tentang dagangan mereka, tidak saja pahatan di dinding sebagai medium tetapi pada jaman itu juga menggunakan papyrus. Pada zaman caesar, banyak toko di kota-kota besar yang telah memulai memakai tanda dan simbol atau papan nama sebagai media utama dalam beriklan.
Pada awal abad ke-16 dan 17 yang banyak ditampilkan adalah iklan tentang budak belian, kuda, serta produk-produk baru seperti buku dan obat-obatan. Munculnya iklan buku dan obat-obatan ketika itu menunjukkan bahwa waktu itu orang masih memperhatikan kesehatan dan pendidikan.
Perkembangan dunia periklanan seiring dengan perkembangan media seperti koran-koran di kedai kopi di masa klasik pada abad ke 17  dan dimulai terbitnya biro-biro iklan pertama seperti White’ pada tahun 1800 yang menangani periklanan lotere resmi pemerintah Inggris. Biro iklan berikutnya, yakni Reynell  and Son terbentuk di London pada tahun 1912
Sampai pada zaman modern sekarang kita sadar ataupun tidak, kita semua sesungguhnya adalah target dari iklan yang mengisi hampir setiap waktu dan langkah dalam berbagai kehidupan. Kini iklan memang telah merasuki seluruh bagian dari kehidupan manusia. Bukan hanya tempat-tempat milik umum, bahkan seluruh bagian tubuh kita pun sudah menjadi sasaran media iklan. Kadangkala kita memakai kaos promosi, topi yang dikeluarkan oleh produsen tertentu, tas berlabel produk / perusahaan, dan sebagainya.
·         Fungsi dan Tujuan Periklanan
        Fungsi iklan adalah. menginformasikan kepada konsumen mengenai suatu produk, harga,keunggulan, dan segala informasi yang berhubungan dengannya.
             Tujuan iklan adalah untuk menarik minat, membujuk, mempengaruhi dan menginformasikan serta mengingatkan seorang pengguna (pelangggan) tentang perusahaan ataupun berbagai produk/jasa yang dimilikinya.         




Tidak ada komentar:

Posting Komentar